Menjunjung Tinggi Kejujuran

Gemintang.com – Ada istilah yang mengatakan ‘Jujur itu menyakitkan’, menurut kamu bagaimana, Sobat Gemintang? Memang, terkadang jujur akan sesuatu hal terutama tentang hal yang sangat kita hindari terasa begitu menyakitkan. Tapi sebetulnya itu hanya sementara. Justru jika kita memulai segala sesuatu dengan kebohongan, pada akhirnya hal tersebut justru akan menghancurkan diri kita sendiri.

Lihat saja para pejabat pemerintah yang datang silih berganti ke gedung Komisi Pemberantasan Korupsi atau mondar-mandir ke rumah tahanan. Mereka yang kedapatan tidak jujur dengan memakan uang negara kini hidupnya sengsara di hotel prodeo.

Hal tersebut pun juga berlaku dalam menjalin sebuah hubungan, baik hubungan antar teman, keluarga, atau pasangan. Sebuah hubungan yang dimulai dengan kebohongan bisa dipastikan akan berakhir dengan kesengsaraan. Maka dari itu, jangan pernah menyembunyikan kebohongan sekalipun itu terlihat  kecil. Siapa tahu di waktu yang akan datang, kebohongan kecil itu bisa jadi bumerang bagi kamu.

Memang, tidak semua hal dapat kamu utarakan kepada orang lain. Bahkan ada beberapa hal yang jika diutarakan akan menimbulkan polemik baru. Namun jika hati kecilmu berkata bahwa hal tersebut harus diutarakan, maka utarakanlah. Mungkin bagi kamu terasa sangat sulit jika memulai segala sesuatu dengan kejujuran, tapi mana yang akan kamu pilih; memulainya dengan sebuah awal yang mungkin sedikit sakit atau mengakhirinya dengan kebohongan yang berbuah kesengsaraan?

Pilihan ada pada kamu. Namun ingatlah, saat kamu memilih untuk jujur, Sang Maha Kuasa akan selalu memudahkan jalanmu. Orang jujur mungkin akan tercebur, tapi bagi mereka yang tidak jujur pasti akan tercebur berkali-kali.

foto: pascualpicarin.com

(ysf/rut)

Related Posts