Pelajaran Hidup

Gemintang.com – Selama hidup, manusia akan selalu belajar. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya umur, pelajaran hidup yang didapat akan semakin bernilai. Namun sayangnya tidak semua orang mampu beradaptasi dengan pelajaran hidup yang mereka hadapi. Untuk itu, coba deh baca yang satu ini dan mulailah memetik makna dari setiap pelajaran hidup yang kamu pelajari.

1. Buat Keputusan

Berbagai pilihan akan selalu ada dalam hidup. Membeli tas atau sepatu baru, pergi ke mall atau taman hiburan, bahkan memilih pasangan hidup dibutuhkan sebuah keputusan. Dan bagaimana membuat keputusan yang baik dan bijak? Sebenarnya caranya cukup mudah, pertimbangkan segala resiko serta pro-kontra masing-masing pilihan. Dengarkan kata hati saat memutuskan untuk membuat sebuah keputusan.

2. Berani bermimpi besar

Artis Agnes Monica berkata, dream, believe and make it happen. Bahkan kalangan politisi seperti Aburizal Bakrie dan pemimpin bangsa seperti Soekarno berujar untuk bermimpi setinggi-tingginya. Jadi, jangan pernah takut dan ragu untuk meletakkan mimpimu ditempat yang paling tinggi. Kamu tak perlu khawatir terjatuh jika niat kuat dan usaha maksimal sudah kamu persiapkan sebelumnya.

3. Menghadapi musuh terberat

Selama menjalani hidup, kita pasti menemui orang dengan sifat dan karakter yang berkebalikan dengan diri kita. Kitapun dapat mengetahui mana lawan dan mana kawan, siapa saja yang dapat kita percayai, siapa itu si egois, si pem-bully, dsb. Namun kamu kak perlu risau ketika diperhadapkan dengan mereka. Perbedaan membuat dunia lebih berwarna. Yang terpenting kamu tak perlu menjadi seperti mereka. Cukup jadi diri sendiri dan hadapilah musuh terberatmu!

4. Menerima kritikan dengan hati terbuka

Tak semua orang suka dikritik, tapi kebanyakan orang justru lebih suka mengkritik. Dua hal tersebut memang tak pernah bisa kita hindari. Daripada kamu pusing dengan kritikan yang ditujukan kepada dirimu, lebih baik saring setiap kritikan dan terimalah dengan hati terbuka, serta jadikan kritik tersebut sebagai cambukan agar kamu dapat melangkah lebih maju.

5. Ikhlas melepaskan

Pelajaran tentang melepaskan sesuatu bisa dibilang pelajaran hidup yang paling sulit. Misalnya, kamu sulit melepaskan kekasih atau persahabatanmu, tapi jika kamu tetap mempertahankannya hal tersebut justru membuat dirimu atau orang-orang di sekitarmu tidak bahagia. Jadi, belajarlah pelan-pelan melepaskan sesuatu yang memang mesti dilepas. Hal ini sejatinya hanya merupakan serangkaian dari proses yang mesti terjadi di dalam hidup.

6. Berdebat sehat

Perdebatan selalu bisa terjadi, baik itu dengan keluarga, sahabat, atau mungkin pacar kamu. Perlu diingat, sebaiknya hindari perdebatan yang justru akan merugikan dirimu sendiri. Jangan pernah berdebat dengan menggunakan “otot” apalagi nada tinggi. Hindari juga kata-kata yang akan membuat menyesal nantinya.

7. Menerima pujian

Saat kamu dipuji karena baju kerjamu yang baru dan menarik atau sepatu model terkini yang sangat cocok ketika kamu pakai, jangan lantas menafsirkan pujian tersebut sebagai hal yang negatif. Katakan terima kasih atas pujiannya karena kamu layak untuk menerima itu dan hargailah dirimu sendiri.

foto: theopenedbox.com

(asa/rut)

Related Posts