Tips atur keuangan agar tidak kehabisan di akhir bulan

finance set

Gemintang.com – Apakah kamu sering kehabisan uang sebelum waktunya gajian ?sampai buat biaya transpot aja tidak punya sama sekali. mau pinjem malu, mau minta orang tua sudah tidak waktunya meminta lagi sama orang tua . nah berarti ada yang salah dalam mengatur keuanganmu ? tenang sobat , Gemintang punya tips agar kamu tidak mengalami kehabisan uang sebelum waktunya gajian . selamat mencoba !

Jangan boros pada awal bulan

Awal bulan menjadi hal yang menyenangkan ingin belanja ini dan itu .Bukan hanya kamu kok yang sering merasa kesulitan menahan nafsu berbelanja saat baru menerima gaji,ada orang yang mampu menahannya dan ada yang tidak. Jika kamu tidak melatih diri untuk menahan godaan ini, bersiaplah akan ada masalah finansial. Anggaran yang sudah kamu rancang sedemikian rupa akan percuma jika kamu masih saja lapar mata yang membuat kondisi keuangamu memburuk saat akhir bulan .

Buat daftar pengeluaran

Buatlah daftar belanjaan dalam sebulan , agar kamu tidak tergoda dengan diskon yang di tawarkan dan membuat pengerluaranmu bias di kendalikan .jika tidak membuat daftar belanja maka kemungkinan besar kamu bakal membeli barang di luar yang kamu butuhkan dan menyesalah kemudian. Sebaikanya membuatnya agar pengeluaranmu bisa di atur dengan baik.

Jangan lupa menabung

Gaji memang belum seberapa ,namun jika kamu bisa mengaturnya pasti bisa untuk menyisihkan untuk di tabung meski hanya 25% dari uang penghasilanmu bulan ini ?setidaknya ada investasi untuk masa depan dan jika tidak memungkinkan untukmu di tabung setidaknya uang tersebut bisa kamu gunakan untuk kebutuhan mendesak dan tidak perlu meminjam uang dengan orang lain.

Mulailah menghemat internet

Kemajuan teknologi sekarang ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat di butuhkan oleh setiap orang . Butuh internatan, beli kuota lagi. Mau telpon, beli pulsa lagi. Tanpa dirasa dompetmu semakin menipis . Sebaiknya mulai sekarang target pemakaian kuota dan pulsa yang kamu habiskan dalam sebulan, dengan begitu kamu bisa mengatur pengeluaran untuk biaya internet dan tidak membuat dompetmu semakin menipis dengan pemakainan yang tidak diatur.

Tidak mudah terpengaruh

Pengaruh bisa datang dari siapa dan kapan saja , ajakan teman seringkali membuatmu harus meng “ iyakan “ padahal kondisi keuangmu sedang tidak memungkinkan . nah hal seperti itu akan membuatmu harus mengeluarkan uang untuk biaya transpot dan pasti ujung-ujungnya makan dialuar yang tadinya kamu mau irit malahan buat dompetmu semakin menipis . nah kamu harus memilih mana yang harus di iyakan dari ajakan teman atau tidak . karna itu semua berpengaruh pada masalah finansialmu.

foto: insights.popsugar.com

(aen/aen)

Tips atur keuangan agar tidak kehabisan di akhir bulan silky

Review

Tips atur keuangan agar tidak kehabisan di akhir bulan

Summary: Tips atur keuangan agar tidak kehabisan di akhir bulan

5

Good

User Rating: 0 (0 votes)

Related Posts