Tips Menghadapi 5 Macam Rekan Kerja Menyebalkan

Gemintang.com – Apabila Sobat Gemintang bekerja di kantor-kantor besar dengan banyak rekan kerja, kamu pasti akan menemukan beberapa tipe rekan kerja yang menyebalkan. Sesuatu seperti ‘kok bisa ada orang kayak gini?’ mungkin terlintas di kepalamu ketika kamu bertemu dengan mereka. Yang pasti ini bukan hal yang bisa kamu hindari, apalagi jika kamu harus bekerja dalam satu tim dengan mereka.

Pada kenyataannya, keberadaan mereka bisa menghambat kinerjamu atau bisa juga membantumu. Tergantung pada bagaimana kamu menghadapi mereka. Berikut 5 macam rekan kerja ‘menyebalkan’ yang mungkin kamu temui:

– Si Penjilat

Tidak dapat dipungkiri orang-orang seperti ini selalu ada dimana-mana. Mereka adalah orang-orang yang ‘dekat’ dengan orang-orang di ‘tempat tinggi’. Tipe Si Penjilat sangat pandai mengambil hati para bos walaupun sebenarnya kinerja mereka biasa saja, bahkan kurang kalau dibandingkan dengan kinerjamu.

Sebaiknya, kamu menghindari Si Penjilat karena lidah mereka yang lembut bisa berubah tajam jika kamu macam-macam dengan mereka. Bila Sobat tidak hati-hati ia akan menusukmu dari belakang. Lakukan saja apa yang menjadi tugasmu tanpa neko-neko.

– Si Tukang Gosip

Si Tukang Gosip mengenal semua orang dan cerita mereka. Ia juga gemar menggembar-gemborkan kisah orang lain demi menjadi pusat perhatian. Si Tukang Gosip yang ahli biasanya tidak berkoar-koar di muka umum. Ia seperti bunglon yang pandai menyesuaikan diri.

Masalahnya, jika kamu salah bicara di depannya, tidak lama akan tersiar kabar tidak mengenakan mengenai perkataanmu. Lebih baik kamu menghindar apabila rekan-rekan sekerjamu mulai berbagi gosip hari ini.

– Si Sok

Tipe rekan seperti ini adalah tipe yang paling menjengkelkan karena mereka selalu merasa lebih baik dari dirimu. Biasanya Si Sok ini akan merasa terganggu bila kamu meraih satu keberhasilan yang diakui oleh atasanmu. Dia akan selalu bilang, ‘kalau saya yang mengerjakan, hasilnya pasti lebih baik’.

Cara untuk menghadapi rekan seperti ini adalah selalu siap dengan semua yang kamu tahu. Pastikan kamu menguasai bidang/bagian yang kamu kerjakan. Jadi kalaupun Si Sok mulai berkoar, kamu tidak akan merasa terintimidasi. Cara terakhir bila ia tetap berkeras adalah memberi senyuman atau anggukkan lalu tinggalkan saja dia.

– Si Tukang Bully

Dalam dunia kerja biasanya Si Tukang Bully adalah mereka yang menderita power syndrom. Jangan kaget bila kamu menemui mereka memiliki jabatan yang cukup tinggi. Biasanya penyakit ‘bully’ muncul ketika seseorang mendapat kekuasaan dan mencoba menggunakan kekuasaan itu untuk kesenangan pribadi. Cara mereka mem’bully’ adalah dengan memberi tugas-tugas sulit yang mungkin mustahil untuk dilakukan.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kamu jangan coba-coba menantangnya. Tapi kalau kamu pandai berbicara, ini akan membantumu menghadapi orang seperti mereka.  Tapi kalau tidak, lebih baik menjauh dan berusaha tampak tidak terpengaruh dengan tiap aksi ‘bully’ yang ia lancarkan.

– Si Lem

Rekan seperti ini mungkin kamu temui jika dirimu seorang yang cukup terkenal di tempat kerja. Si Lem akan menempel kemana pun kamu pergi. Ia akan menawari kamu secangkir kopi supaya dapat menghabiskan makan siang denganmu. Ia akan sering berbagai kisahnya denganmu walaupun kamu tidak bertanya. Bahkan, ia akan menanyakan apa rencanamu dan memastikan ia selalu ada di dalamnya. Sebenarnya untuk menghadapi orang seperti ini cukup mudah, kamu tinggal menolaknya dengan lembut.

foto: natcom.org

(ldy/rut)

Related Posts