Tips Sukses Menjalankan Bisnis Kecil

Gemintang.com – Apakah Sobat Gemintang sedang mencoba berwirausaha dengan menjalankan bisnis kecil? Untuk membuat bisnis kecil kamu sukses, tentu saja tidak cukup hanya dengan modal dana atau keahlian semata. Ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan agar bisnismu tidak berhenti begitu saja di tengah jalan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan selama menjalankan bisnismu.

1. Tingkatkan kreativitas

Yang akan membuat bisnis kamu dikenal konsumen adalah keunikan bisnis kamu yang berbeda dari bisnis-bisnis serupa. Bebaskan dirimu untuk berkreativitas sehingga produk atau jasa yang kamu tawarkan menjadi sesuatu yang berkesan dan menarik perhatian konsumen. Tidak ada salahnya meminta saran atau bantuan dari pebisnis lain yang sudah memulai bisnis serupa. Selain itu, akan sangat berguna bila kamu berani melakukan survei kecil langsung pada target konsumenmu. Hal ini akan memastikan bahwa produk atau jasa yang kamu tawarkan merupakan jawaban dari kebutuhan konsumen.

2. Kenali lawan usahamu

Ada baiknya kamu mengobservasi kelebihan-kelebihan dari bisnis-bisnis serupa yang memang diminati oleh konsumen. Hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk dilakukan sehingga membuat bisnis kecil kamu mengalami kesuksesan yang sama. Jangan langsung merasa terintimidasi melihat lawan bisnismu, tapi belajarlah dari mereka.

3. Pastikan semuanya teratur dan terorganisir

Manajemen yang baik sangat mempengaruhi keberhasilan suatu usaha. Oleh karena itu, kamu harus memastikan segala sesuatunya diatur dengan baik dan mendetail. Pastikan catatan untuk tiap pemasukan, pengeluaran, dan laba benar-benar lengkap dan mendetail. Akan lebih baik bila selalu dicek dan direkap tiap harinya sehingga tidak terjadi kebocoran dana.

4. Beri pelayanan terbaik

Pelayanan terbaik yang diberikan konsumen merupakan suatu jaminan untuk kepuasan konsumen. Selain itu, pelayanan yang baik akan membuat konsumen tidak kapok untuk mencarimu bila dibutuhkan, mengingat baiknya pelayanan yang kamu berikan.

5. Konsistensi sangat dibutuhkan

Konsistensi merupakan hal penting yang harus selalu dijaga. Tidak peduli masalah apa yang kamu temui selama kamu menjalankan bisnismu, pastikan kamu tetap konsisten dengan kualitas produk atau jasa yang kamu tawarkan. Ini akan menjadi nilai tambah untuk bisnis kecilmu.

foto: rgbrenner.com

(ldy/rut)

Related Posts