Wisata Berkuda, Paku Haji

Photo by pakuhajiblog.blogspot.com

Gemintang.com – Hai Sobat Gemintang! Bagaimana, sudahkah kamu merancang liburan nan berkesan untuk minggu ini? Tak perlu bingung akan kemana pergi, karena saya akan memberikan info semenarik mungkin tentang satu tempat wisata yang tentu akan sangat sayang bila dilewatkan. Ya, obyek wisata satu ini adalah Wisata Kuda di Paku Haji. Sebelumnya, mungkin kamu pernah melihat film aksi yang tokohnya begitu keren saat menunggang kuda, dan mereka terlihat hebat saat tak hanya berkuda, melainkan juga melainkan beberapa ragam aksi ala koboi. Nah, sekarang tak hanya aktor kamu yang bisa melakukan itu. So, tertarik?

Pertama-tama, untuk bisa sampai di Wisata Kuda Paku Haji, kamu bisa menggunakan begitu banyak akses jalan dan tentunya memadai. Bagi pengendara yang menggunakan jalan akses keluar dari Tol Padalarang, kamu selanjutnya belok kiri ke arah kota Cimahi. Jarak yang ditempuh dari situ hanya sekitar 30 menit menggunakan mobil dengan kecepatan standar. Setelah menemukan kantor Samsat Cimahi, terdapat persimpangan kecil yakni Jl. Haji Ghofur atau yang lebih dikenal dengan Tani Mulya. Dari situ, kamu hanya perlu lurus dengan mengikuti arah jalan selama lebih kurang 4KM. Hanya saja, 2 KM pertama mungkin kamu akan menemukan jalan yang masih mulus sehingga memudahkan kamu untuk bisa lebih cepat sampai ke tujuan.

Tapi, 2 KM berikutnya, karena sudah memasuki kawasan pegunungan, maka jalan yang kamu lewati akan sedikit rusak, banyak bebatuan dan licin saat turun hujan. Maka sangat disarankan bagi kamu untuk lebih berhati-hati. Namun begitu, walaupun dihadang jalanan yang rusak, perjalanan ini tetap akan menyenangkan, karena sepanjang jalan itu pulalah, kamu bisa melihat betapa indahnya panorama alam saat dilihat dari tempat yang lebih tinggi. Terdapat beberapa hektar kebun yang ditumbuhi berbagai macam tanaman.Tebing yang landai ditumbuhin rerumputan hijau, begitu segar rasanya saat menghirup udara disana.

Dan Sobat, sampailah kita ke gerbang utama Wisata Berkuda, Paku Haji. Oh ya, jangan lupa siapkan uang sebesar Rp. 2.000,- sebagai tiket masuk. Sobat Gemintang heran, kan? “Kok murah banget ?” Tentu, namun demikian, pengalaman liburan kamu kali ini dipastikan akan mengesankan. Tidak percaya?

Well, Wisata Berkuda di Paku Haji memiliki begitu banyak wahana permainan khususnya untuk anak-anak. Diantara yang utama yakni wahana Kuda Tunggang, Wisata Berkuda di Paku Haji pun menyediakan wahana lain yang tak kalah mengasyikkan, seperti Flying Fox, ATV, Kolam Renang, Halang Rintang, Outbound Camp, Play Groud Arena, Kincir,  dan juga kebun binatang mini yang diantaranya terdapat burung, kera, juga kambing.

Kuda yang disediakan di wahana Kuda Tunggang ini beragam. Ada yang impor, dan ada juga yang lokal. Nah, untuk kuda impor, biasanya hanya ditunggangi oleh yang sudah berpengalaman. Sedangkan untuk anak-anak dan penunggang baru, disediakan kuda lokal. Dan untuk wahana ATV sendiri, rupanya telah didesain secara khusus dengan menempatkan beberapa rintangan pada treknya. Jadi selain mudah dikendarai, ATV ini pun yakin akan lebih menantang dan menyenangkan.

Tak hanya bermain, pengunjung pun khususnya anak-anak dapat belajar dengan mengembangkan inspirasinya di lahan terbuka. Di wahana Outbound Camp inilah anak-anak mendapat nuansa belajar yang efektif dan interaktif guna membangun kreatifitas dan kepercayaan dirinya.

Tiket masuk untuk setiap wahana ini, rata-rata berkisar Rp. 5.000,- sampai dengan Rp. 10.000,- Namun dikarenakan kontur tanah yang miring dan tidak rata, maka sangat disarankan untuk tidak terlalu kelelahan saat bermain di wisata ini. Banyaknya anak tangga tentu menjadikan kita harus lebih berhati-hati.

Puas bermain di tempat wisata, rasanya kurang mantap kalau tak juga mencicipi kuliner satu ini, nasi liwet khas Sunda namanya. Makan bersama keluarga setelah lelahnya bermain seharian, rasanya inilah kesenangan terbesar kita saat bisa menikmati waktu bersama orang tercinta. Wisata Kuda di Paku Haji dibuka mulai pada pukul 08.00 pagi s.d 05.00 sore. Namun khusus selama bulan Ramadhan, tempat wisata satu ini tutup. Jadi, kapan akan main ke Paku Haji?

(mir/rut)

Related Posts