Akibat Suka Meniru

Photo by socialmoms.com

Gemintang.com – Pak Barata adalah pria yang suka menonton pertunjukkan teater. Berbagai pertunjukkan dari kelompok teater dalam dan luar negeri sudah pernah ia tonton. Dan hari ini Pak Barata ada jadwal untuk menonton pertunjukkan teater dari kelompok seni dan tari Ulang-Aling. Salah satu kelompok teater yang terkenal di kotanya. Pak Barata pun sudah memesan tempat duduk di barisan terdepan. Dan sebentar lagi, ia akan menyaksikan pertunjukan tersebut dari awal hingga akhir.

 

Di tengah-tengah acara, seorang pria membacakan puisi dengan diiringi alunan musik yang mengalun pelan dan merdu.

“Isteriku adalah orang kedua yang aku cintai dalam hidupku…”

Semua penonton tampak terkejut. Tak beberapa lama kemudian, orang tersebut melanjutkan pembacaan puisinya diiringi dengan perubahan alunan lagu yang membuat penonton tegang.

“Orang kedua yaitu isteriku, dan orang pertama adalah…. Ibuku.”

Suara tepuk tangan penonton bergemuruh, menyaksikan betapa hebat puisi tersebut beserta iringan lagunya. Si pembaca puisi menundukkan badannya kepada penonton tanda terimakasih.

Esok paginya, ketika Pak Barata beserta isteri dan anaknya sedang sarapan pagi, ia mencoba meniru kata-kata si pembaca puisi tadi malam.

“Isteriku adalah orang kedua yang aku cintai dalam hidupku…”

Setelah itu, Pak Barata merasa kesulitan mengingat lanjutan kata-kata tadi malam. Ia menutup matanya dan mencoba mengingatnya lagi. Namun ketika Pak Barata telah sadar dan mampu membuka matanya, ia menyadari bahwa dirinya telah berada di rumah sakit akibat disiram kuah sup panas.

(asa/rut)

Related Posts