Harapan Jodi

Photo by mythreesonspainting.com

Gemintang.com – Pak Subur mempunyai satu orang isteri dan tiga orang anak. Malam ini mereka sedang duduk-duduk santai di ruang tamu sambil menonton TV. Tak lama setelah itu isteri pak Subur pergi ke dapur untuk menyiapkan makan malam. Ketiga anaknya, Joko, Jono dan Jodi terlihat malas dan mengeluh.

“Ah pasti makanannya hari ini tempe bacem lagi.” Ucap Joko sambil mengeluh.

Kemudian Jodi bertanya kepada ayahnya, “Ayah, bisa jelaskan kepadaku apa perbedaan harapan dengan kenyataan?” Sang ayah yang saat itu terlihat mengantuk menjawab pertanyaan anaknya.

“Sebelum Ayah menjawab pertanyaanmu, ayah ingin menanyakan satu hal terlebih dahulu kepada kakakmu. Jono, jika ayah menyuruhmu untuk memakan tempe mentah yang ada di dapur kemudian memberimu uang 10 juta, kamu mau melakukannya?”

Jono pun menjawab, “Tentu saja mau, Yah. Setelah aku dapet uang sebanyak itu, aku bisa belikan makanan yang lebih enak.”

Kemudian sang ayah bertanya lagi kepada Joko, “Kalau kamu Joko, bagaimana?”

Si Joko mengangguk semangat. “Mau dong, Yah. Kapan lagi hanya makan tempe mentah dan dapet uang 10 juta.”

Kemudian sang ayah bertanya kepada anak bungsunya. “Nah, Jodi, jika kamu ayah suruh makan rumput  yang ada halaman tapi ayah beri kamu uang 20 juta, apa kamu mau melakukannya?”

Jodi pun menjawab. “Mau Yah, mau! Tidak apa-apa aku makan rumput yang ada diluar, yang penting uang yang aku dapat lebih banyak dari Joko dan Jono.”

Sang ayah tersenyum dan melihat ketiga anaknya. “Nah anak-anakku, kalian sudah mengerti kan bahwa keluarga kita mempunyai harapan untuk bisa menjadi jutawan, tapi kenyataannya terdapat dua anak normal dirumah dan satu anak kambing yang suka makan rumput.

Jodi pun terdiam…

(ysf/rut)

Related Posts