16 Tipe Kepribadian

16-Tipe-Kepribadian-MBTI-1

Gemintang.com – Berdasarkan 4 indikator yang diutarakan Myers-Briggs, kepribadian manusia dikelompokkan ke dalam 16 tipe dasar. 4 indikator yang menjadi penentu kepribadian adalah perilaku (Introvert atau Extrovert), cara mengumpulkan informasi (Sensing yang sistematis dan detail atau Intuitive yang acak dan menghindari detail), cara mengambil keputusan (Thinking yang logis atau Feeling yang mengandalkan perasaan), serta bagaimana kita mengelola informasi (Judging selalu terpaku pada rencana atau Perceiving yang cenderung menerima dan terbuka). Nah, 16 kelompok kepribadian itu adalah:

1. ISTJ – Si Petugas

Orangnya cenderung serius, pendiam, namun bisa diandalkan dan bertanggung jawab. Ia akan selalu menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dengan baik dan teliti. Ia sangat tradisional, suka bekerja keras dan teroganisir.

2. ISTP – Si Mekanik

Cenderung sopan dan tidak banyak berbicara namun berbakat dalam hal-hal yang berhubungan dengan mesin. Selalu mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi dan tidak segan mengambil resiko. Selain itu, ia juga setia terhadap teman dan selalu dapat mengambil keputusan di saat-saat genting.

3. ISFJ – Si Pengasuh

Orangnya baik, teliti dan stabil. Biasanya selalu memikirkan orang lain lebih dulu daripada dirinya sendiri. Ia juga pandai dalam memperhatikan dan menilai orang lain sehingga ia peka terhadap perasaan orang lain. Ia juga senang melayani dan membantu orang lain.

4. ISFP – Si Seniman

Cenderung serius, pendiam, tapi sensitif dan baik terhadap orang lain. Karakteristik utamanya adalah suka damai, setia, dan mampu melihat nilai-nilai estetika. Ia tidak suka mendominasi orang lain, sebaliknya cenderung fleksibel dan berpikiran terbuka. Sangat orisinil, kreatif, dan menikmati saat ini lebih dari segalanya.

5. INFJ – Si Pelindung

Orangnya cenderung sedikit memaksa, sensitif, dan peka terhadap perasaan orang lain. Biasanya ia dihormati orang-orang di sekitarnya walaupun cenderung hidup mandiri dan tidak suka berkelompok.

6. INFP – Si Idealis

Orangnya tidak banyak bicara, reflektif dan idealis. Sangat menjunjung tinggi kemanusiaan sehingga tertarik untuk memahami dan membantu sesama. Sangat setia, mampu berpikir cepat dalam melihat kesempatan, dan merupakan penulis yang handal.

7. INTJ – Si Ilmuwan

Cenderung mandiri, sangat analitis dan bersungguh-sungguh. Menjunjung tinggi pengetahuan dan kemampuan sehingga mereka selalu berpikir panjang sebelum memutuskan untuk melakukan sesuatu. Memiliki standar yang tinggi, baik menyangkut diri sendiri maupun orang lain, dan merupakan seorang pemimpin alami.

8. INTP – Si Pemikir

Seorang pemikir yang logis, kreatif, dan menjunjung tinggi ilmu pengetahuan. Biasanya ia cenderung bekerja secara individu, tidak suka mengikuti atau memimpin orang lain. Sangat tertarik pada teori dan pemahaman.

9. ESTP – Si Pelaksana

Orangnya sangat ramah, cepat beradaptasi, bergerak cepat, dan sangat setia pada teman. Sangat pandai dalam bergaul dengan banyak orang.

10. ESTJ – Si Penjaga

Cenderung praktis, tradisional, dan sistematis. Tidak terlalu suka berteori, tapi lebih banyak beraksi. Memiliki pandangan jelas akan segala sesuatu, pekerja keras, setia, dan senang memimpin.

11. ESFP – Si Pemain

Ia sangat suka dengan banyak orang dan merupakan orang yang ‘asyik’. Mereka suka petualangan baru dan menjadi pusat perhatian.

12. ESFJ – Si Pengasih

Cenderung baik hati, populer dan perhatian pada orang lain. Selalu menempatkan kepentingan orang lain dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Menjunjung tinggi nilai-nilai dan tradisi.

13. ENFP – Si Pemberi Inspirasi

Orangnya penuh semangat, kreatif dan idealis. Selalu mampu melakukan segala sesuatu dengan baik. Pandai bergaul, fleksibel dan berpikiran terbuka. Hidup berdasarkan prinsip-prinsip pribadinya, tapi cenderung tidak terlalu teliti/detail.

14. ENFJ – Si Pemberi

Orangnya populer, sensitive, mudah bergaul dan tidak suka sendirian. Peduli dengan orang lain sehingga ia pandai dalam menyelesaikan konflik antarpribadi dan pandai dalam memimpin diskusi.

15. ENTP – Si Visioner

Orangnya sangat kreatif, berwawasan, dan pandai. Pandai menangani masalah karena mampu melihat jauh ke depan. Sangat bersemangat menjalankan hal baru sehingga seringkali melupakan tugas sehari-hari. Ia pandai berbicara dan senang mengungkapkan idenya pada banyak orang.

16. ENTJ – Si Pengusaha

Orangnya pandai bicara dan pandai memimpin. Mampu menyelesaikan perkara-perkara rumit dan memberi solusi terbaik. Ia pandai dan berwawasan luas. Sangat teratur dan cenderung tidak sabaran.

foto: vivocoaching.com

(ldy/rut)

Related Posts