Lionel Messi

Foto by Getty Images

Gemintang.com – Pemain sepak bola yang terkenal dengan kelincahannya, Lionel Messi merupakan pemain binaan dari club Catalan Barcelona, pada tahun 2004 Messi yang akrab disapa meningkat ke dalam tim senior  diumurnya yang ke 16 tahun. Cerita mengapa sampai Messi yang berkewanegaraan Argentina dapat mendarat di Spanyol, diawali dengan Messi yang mendapat diagnose diumurnya yang ke 11 tahun, bahwa ia kekurangan pertumbuhan dan dengan pengobatan yang mahal, keluarga Messi tidak sanggup untuk membayarnya. Messi yang berlatih di Old Boys Newell tahun 1995 hingga 2000, pelatih Messi sangat tertarik dengan bakat yang dimiliki Messi namun tidak mampu untuk membantu dalam hal pengobatannya yang mahal. Namun keistimewaan Messi sampai terdengar di negeri seberang, direktur olahraga FC Barcelona tertarik dengan bakat sepak bola Messi, Pihak Barcelona dapat membantu biaya kesehatan Messi asalkan ia mau bermain dengan tim Catalan.

Tahun 2003 menjadi awal tahun kesuksesan bagi pria yang memiliki bintang Cancer, di umurnya yang ke 16 tahun. Mantan pelatih Rijkaard pada masa itu, mempercayai Messi untuk bermain dalam pertandingan persahabatan melawan FC Porto. Tak lama dengan beberapa pertandingan Messi yang cakap sekali dengan dribbling bola menjadi salah satu dari pemain inti senior. Messi serentak menjadi idola para pencinta bola, ia juga di gadang gadang merupakan titisan dari Maradona, pemain legenda dari negara asalnya Argentina.

Tahun keemasan bagi Messi merupakan tahun 2008 – 2009, pada saat Barcelona memenangkan treble dengan pelatih baru Joseph Guardiola. Messi dan kawan – kawan memenangi Liga Spanyol, Copa del Ray dan menumbangkan Manchester United di final Liga Champions. Berkat kontribusi Messi ia juga dinyatakan sebagai pemain terbaik musim tersebut. Tak heran Messi menjadi pemain terbaik di decade ini. Dan ditahun yang sama ia dinobatkan sebagai Ballon d’Or, mengalahkan para pesaing yang terbilang cukup piawai. Namun ia juga mendapat kritikan keras oleh masyarakat pecinta bola di Argentina yang dianggap kurang tajam pada saat membela negara di ajang internasional.

Messi yang bershio Kelinci memang terkenal dengan keramahannya dan tidak arogan dalam bermain secara tim, dalam kehidupan pribadinya pun Messi yang mendirikan yayasan Messi Leo Messi Foundation bagi anak-anak yang tidak mampu dalam pendidikan dan kesehatan. Messi pun menjadi ambassador untuk Unicef yang merupakan salah satu sponsor bagi FC Barcelona.

(Sil)

Related Posts