Album “Pelangi Acila” Mengembalikan Lagu-Lagu Anak Indonesia

Photo by jagoanmusik.com

Gemintang.com – Masih ingatkah kamu dengan Joshua Suherman, Meisy, Chikita Meidy dan Eno Lerian? Ya, mereka adalah artis-artis cilik di era tahun 90-an yang sangat pupuler di masanya. Beberapa nama artis cilik tersebut tercatat berhasil membawa lagu anak-anak Indonesia menjadi begitu menggema di era 90-an.

Jika dibandingkan dengan beberapa lagu anak saat ini yang cenderung memiliki makna yang kurang mendidik, “lebih dewasa”, dan kurang sesuai dengan usianya, lagu-lagu di era 90-an tersebut memang benar-benar diciptakan dengan dan diperuntukan untuk anak-anak.

Kenyataan bahwa lagu-lagu anak yang berkembang belakangan ini telah didominasi dengan lagu-lagu yang cenderung kurang mendidik dan tidak sesuai dengan usianya membuat beberapa orang prihatin dan mencoba untuk mengembalikan dan menghidupkan kembali masa kejayaan lagu-lagu anak Indonesia.

Salah satu orang yang secara langsung menanggapi masalah krisis lagu anak Indonesia adalah psikolog Tika Bisono. Wanita kelahiran 1 Oktober 1960 ini membuat sebuah  Ajang Cipta Lagu Anak Indonesia di tahun 2011 lalu. Tujuan diciptakannya ajang cipta lagu ini adalah sebagai media untuk memberikan kesegaran didunia musik anak Indonesia.

“Tujuan dari ajang cipta lagu ini adalah sebagai sarana alternatif dan juga penyegaran terhadap lagu anak-anak Indonesia. Selain itu, diharapkan juga lagu-lagu tersebut bisa dijadikan sebagai sumber yang kreatif dan edukatif, sehingga bisa membantu dalam tumbuh kembang anak.” Ujar Tika.

Lewat ajang tersebut, dihasilkan 13 lagu anak-anak yang dibungkus dalam sebuah album berjudul “Pelangi Acila” dan baru saja di luncurkan akhir Desember lalu.

Tema-tema yang diusung pada masing-masing lagu pun benar-benar disesuaikan dengan kehidupan anak seperti tolong menolong, cinta kasih, toleransi, kedamaian, persatuan dan kesatuan. Diharapkan lagu-lagu pilihan tersebut dapat membantu perkembangan karakter dan juga kepribadian anak.

 

BACA JUGA:

Penyanyi Cilik Indonesia yang Masih Bertahan

Sundari Soekotjo, Ingin Keroncong Tetap Lestari

Jeff Bernat, Musisi Amerika yang Terkenal di Korea Selatan

Fakta Tentang Penyanyi Muda Raisa

3 Diva Dunia

(tut/rut)

Related Posts