Masalah Banjir: Rakyat dan Pemerintah Harus Saling Kerja Sama

Photo by kabar24.com

Gemintang.com – Lagi, Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya terendam air. Permasalah banjir seperti tak ada habisnya dan pemerintah pun makin kalang kabut menangani masalah ini. Seminggu terakhir, tiap kali hujan deras datang bisa dipastikan berbagai daerah rawan banjir akan segera dipadati genangan air.

Untuk itu, gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengadakan rapat tertutup di posko pemantauan Bendung Katulampa Bogor, Jawa Barat, Senin (20/1). Rapat ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bogor Ahmad Ru’yat, Bupati Bogor Rahmat Yasin, Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Somad, Wakil Bupati Bekasi Ahmad Syaikhu, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan serta Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum, Agus Wijanarko.

Menurut Jokowi, ia sengaja mengadakan rapat bersama petinggi-petinggi daerah tersebut karena menurutnya pemerintah DKI tidak dapat menangani masalah banjir tanpa adanya integrasi dengan daerah-daerah sekitar seperti kota JABODETABEK dan Bandung.

Secara tertutup mantan gubernur Solo ini membahas masalah banjir serta solusinya. “Masalah utama kita sekarang ini adalah banjir.” Ucap Jokowi.

Disamping peran pemerintah yang berusaha menanggulangi masalah banjir, peran masyarakat setempat sama pentingnya. Jika ditilik kembali, sikap masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan, melakukan tindakan penggundulan hutan, merubah peruntukkan bantaran sungai dengan membangun perumahan, hingga membabat habis lahan terbuka untuk mendirikan bangunan-bangun juga menjadi penyebab mengapa banjir masih betah melanda Ibu Kota Indonesia dan sekitarnya.

Karena itu, diperlukan adanya sikap saling kerjasama antara pemerintah dan masyarakat. Disaat pemerintah berusaha membenahi masalah banjir ini, kita juga perlu membenahi diri untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang menjadi penyebab banjir. Jika pemerintah dan masyarakat sudah bersinergi untuk saling memperbaiki kota Jakarta dan sekitarnya, maka tidak mustahil apabila masalah banjir bisa teratasi.

 

BACA JUGA:

Setujukah Anda Jika Jokowi Nyapres?

Walikota dan Wakil Walikota Bandung Terbaru, Ridwan-Oded

Indonesia Mencari Figur Pemimpin Baru

Sosok Politikus-Politikus Terkaya Indonesia

(ysf/rut)

Related Posts