Tetap Maju Menjalani Hidup

Gemintang.com – Pernahkah kamu kehilangan sesuatu yang sangat berarti? Entah itu orang yang kamu sayangi atau barang yang kamu anggap berharga? Bagaimana perasaanmu? Apa yang kamu lakukan selanjutnya? Apakah kamu akan berkubang dalam keputus-asaan atas kehilanganmu? Atau kamu segera bangkit dan mulai maju ke depan? Hal ini juga dialami seorang musisi besar dunia, Ludwig van Beethoven. Di masa keemasaannya, ia kehilangan pendengarannya dan divonis menderita tuli total! Padahal seluruh hidupnya ia curahkan untuk musik.

Ketika Beethoven mulai menginjak usia 28 tahun, karya dan namanya sudah tersohor di dunia musik Eropa. Berbagai konser tunggal ia lakoni dan karya gubahannya pun disambut dengan hangat oleh penikmat musik pada waktu itu. Namun, suatu pagi di tahun 1789, ia tiba-tiba tidak dapat mendengar apa-apa. Hal ini mengejutkannya, ia pun menutup rapat-rapat ketuliannya ini karena masih merupakan tuli kambuhan.

Namun, di usianya yang ke-32, tulinya semakin memburuk sampai akhirnya ia tuli total. Dalam keputusaannya, ia pun mulai menulis surat kematian yang tertanggal 6 Oktober 1802. Sambil menangis ia menulis surat itu sampai akhirnya ia tertidur. Namun, keesokan harinya, di dalam keheningan total ia terbangun mengingat suara alam yang biasa didengarnya ketika kecil.

Ia pun berlari keluar dan memandang alam sekitarnya, sambil berkata, “Benar, walaupun aku kehilangan pendengaranku, memoriku akan suara alam masih ada.” Dalam ketuliannya, Beethoven berhasil menelurkan mahakaryanya dalam Simfoni seri I-IX.

Apa yang dialami Beethoven memang sempat mematahkan semangatnya, namun keinginan untuk terus bertahan dalam keterbatasannya lebih besar. Biarlah kisah ini menginspirasi kita untuk tetap bertahan dalam keadaan sesulit apapun. Carilah hal-hal positif yang akan menguatkanmu untuk tetap maju menjalani hidup. Jangan menyerah, teruskan hidupmu

foto: telegraph.co.uk

(ldy/rut)

Related Posts