Kebiasaan Baik Orang-orang Produktif

Gemintang.com – Tugas kantor, laporan mingguan, e-mail yang menumpuk, apakah sering membuat Sobat Gemintang kewalahan mengatur waktu sehingga kamu merasa kesulitan menjadi seseorang yang produktif? Dosen senior dari sekolah bisnis Harvard Robert Pozen, mengatakan kunci menjadi produktif adalah mengetahui skala prioritas dan tujuanmu menjadi seorang yang produktif. Untuk itu, yuk ketahui kebiasaan baik orang-orang produktif yang bisa kamu contoh berikut ini.

1. Mengetahui pekerjaan apa saja yang mesti diselesaikan terlebih dahulu

Orang-orang yang produktif mempunyai kebiasaan menulis hal-hal apa saja yang mesti ia lakukan saat bekerja, dari mulai hal yang kecil hingga yang terbesar lalu membagi hal-hal tersebut menurut skala kepentingannya. Mereka juga memahami pekerjaan apa saja yang harus diabaikan sejenak dan tidak panik saat diperhadapkan dengan tugas-tugas baru.

2. Tahu mana yang penting dan mendesak

Pahami, teliti, dan catat pekerjaan apa saja yang penting dan mendesak karena sudah jelas dua hal ini sangat berbeda. Itulah mengapa dikatakan kamu perlu mengatur skala prioritas dan mampu membedakan mana yang penting dan mana yang mendesak untuk segera dikerjakan.

3. Think Win-Win

Setiap orang punya kepentingan, tapi bukan berarti kamu bertindak egois dengan mengerjakan prioritas yang menguntungkanmu dan merugikan orang lain. Salah satu kebiasaan baik orang-orang produktif adalah mereka mempunyai cara berpikir win-win. Memang terasa sulit untuk mempraktekan kebiasaan yang satu ini, tapi selagi kamu mempunyai rasa empati terhadap situasi-kondisi yang dihadapi orang lain, percayalah, segalanya akan terasa mudah.

4. They handle things once

Rahasia lain menjadi seorang yang produktif dikatakan Pozen yaitu dengan menggunakan strategi OHIO atau “Only Handle It Once”. Ketika kamu telah memilih pekerjaan mana yang akan kamu tangani maka selesaikan hal tersebut hingga tuntas dan barulah kembali mengerjakan hal lain. Hal ini tentu saja membuat kamu tidak membuang banyak waktu untuk melakukan sisa-sisa pekerjaan yang terbengkalai.

5. Jadi sosok yang proaktif

Lakuka segala sesuatu maupun hal-hal yang menjadi prioritasmu dengan sepenuh hati. Hal apapun yang dilakukan dengan sepenuh hati tanpa adanya paksaan akan membuat hasil pekerjaanmu baik dan berjalan lancar.

foto: dumblittleman.com

(ysf/rut)

Related Posts