Perbedaan Umur dalam Berpacaran

Gemintang.com – Jatuh cinta konon tidak mengenal umur dan latar berlakang. Sering kali alasan ini digunakan oleh mereka yang berpacaran. Namun pada kenyataannya, pacaran atau berhubungan dengan lawan jenis dengan perbedaan umur yang cukup jauh bukan hal yang mudah. Apalagi bila perbedaan usia mencakup belasan bahkan puluhan tahun.

Seringkali publik memandang sebelah mata pada hubungan semacam ini. Oleh karena itu, bila Sobat Gemintang merasa jatuh cinta pada orang yang umurnya jauh lebih tua atau jauh lebih muda dari umurmu, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengajak si dia menjalin hubungan ke arah yang serius.

Lupakan bila perbedaan umur terlalu jauh

Bila orang yang kamu sukai memiliki perbedaan umur yang sangat jauh denganmu, jangan memaksakan keinginan. Perbedaan umur yang terlalu jauh akan sangat mempengaruhi pada bagaimana cara kamu berpikir dan bertindak. Selain itu, perbedaan umur terkadang juga menunjukkan perbedaan tingkat kedewasaan emosi. Daripada kamu menyesal di kemudian hari ketika perbedaan umur itu mulai menjadi jurang, lebih baik mundur dari sekarang.

Sadari betul motif kamu

Ada banyak alasan yang menyebabkan orang memilih pasangan yang lebih tua atau lebih muda. Biasanya motivasi ini sering tidak disadari oleh orang yang bersangkutan. Misalnya, orang yang cenderung mencari pasangan yang jauh lebih tua biasanya mencari sosok orang tua yang selama ini mungkin tidak didapatkan di rumah.

Mungkin juga mereka merasa tidak aman secara financial sehingga mencoba mencari keamanan finansial. Alasan orang menyukai orang yang jauh lebih muda karena merasa dihargai dan dihormati secara pengalaman hidup atau memang senang mengayomi dan mengurus. Jadi pastikan dulu apa motivasi dan alasan dibalik keputusanmu, Sobat.

Siap dengan perbedaan generasi

Jika kamu tetap ingin melanjutkan hubungan ini, ada baiknya kamu siap untuk menghadapi perbedaan generasi yang mungkin terbentang diantara kamu dan pasanganmu. Perbedaan generasi bisa memengaruhi gaya hidup, kesukaan, cara berpikir dan berlaku seseorang.

Tidak salah bila kamu mencoba lebih terbuka untuk mencari tahu dari generasi macam apa pasanganmu berasal. Kamu juga perlu memiliki sikap toleransi yang cukup tinggi. Selain itu, hal ini harus berjalan dua arah, buat komitmen antara kamu dan si dia untuk saling mencoba mengerti satu sama lain.

Harus siap dikritik

Dalam menjalani hubungan dengan perbedaan umur yang cukup jauh, kamu harus siap menghadapi berbagai reaksi dari orang di sekitarmu. Kamu dan pasanganmu harus siap menghadapi pro dan kontra yang dilontarkan keluarga, teman, dan masyarakat sekitar kamu. Sekali lagi, rasa toleransimu harus cukup besar dan kamu harus sering-sering berlapang dada.

foto: telegraph.co.uk

(ldy/rut)

Related Posts