Minat Baca Masyarakat Indonesia Memprihatinkan

Minat-baca-masyarakat-Indonesia

Gemintang.com – Minat baca masyarakat Indonesia cukup memprihatinkan. Berdasarkan studi Most Littered Nation in the World yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 silam, Indonesia berada pada tingkat ke-60 dari 61 negara soal minat baca. Padahal dari segi penilaian infrastruktur untuk mendukung pembaca, Indonesia mengungguli negara-negara Eropa dan Asia Timur seperti Jerman, Portugal, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Mantan menteri pendidikan Anies Baswedan mengatakan, indikator sukses tumbuhnya minat baca tidak hanya dari seberapa banyak perpustakaan, buku atau mobil perpustakaan keliling. Penggagas gerakan ‘Indonesia Mengajar’ itu menilai ada beberapa tahap yang harus dilalui untuk menumbuhkan minat baca.

Pertama, ajarkan anak-anak membaca lalu biasakan hal tersebut hingga menjadi karakter maka kegiatan membaca akan menjadi sebuah budaya. Itu sebabnya budaya hadir karena adanya kebiasaan.

“Budaya membaca hadir karena ada kebiasaan membaca. Kebiasaan membaca ada jika ada rencana membaca secara rutin.” Ujar Anies seperti dikutip dari Kompas.com.

Anies melanjutkan, selain membuat program, harus ada sebuah gerakan atau movement untuk menumbuhkan minat baca. Cara ini terbukti lebih cepat dan efektif dibanding program. Jika gerakan itu sudah menular makan tidak akan bisa dihentikan, sebab menularnya bukan karena perintah, dana, atau program tetapi karena memang tertular.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menyarankan agar tidak menggunakan pendekatan program untuk menumbuhkan minat baca tetapi dengan sebuah gerakan. Karena jika melakukan pendekatan dengan program maka semuanya akan bergantung pada penyelenggara. Hal seperti ini tentu berbeda apabila dibandingkan dengan membuat sebuah gerakan nyata.

foto: volunteerrutherford.com

(asq/rut)

Minat Baca Masyarakat Indonesia Memprihatinkan silky

Review

Minat Baca Masyarakat Indonesia Memprihatinkan

Summary: Minat Baca Masyarakat Indonesia Memprihatinkan

5

Good

User Rating: 0 (0 votes)

Related Posts